images
Kabar dari Rantau,

Perusahaan Orang Minang di Rantau untuk Pilihan Karirmu

images

Berkarir adalah pilihan yang bisa diambil untuk melanjutkan hidup selepas menyelesaikan pendidikan. Orang Minang dikenal dengan jiwa perantau sehingga berkarir di rantau bisa menjadi pilihan yang diambil selain berkarir di kampung. Banyak Orang Minang yang sudah sukses dan bisa membangun perusahaan besar di perantauan dan menjadi seorang yang sukses. Walaupun tidak ada jaminan bahwa pengusaha Minang akan selalu merekrut tenaga kerja dari Minang, akan tetapi ikatan bathin satu kampung halaman sebagai sesama Orang Minang setidaknya masih ada.

Hal itu bisa menjadi poin positif ataupun sebaliknya untuk calon tenaga kerja dari Minang yang akan merantau dan berkarir di Rantau. Negatifnya adalah pandangan-pandangan negatif tentang nepotisme, karir berbasis kedekatan ataupun pemikian negatif tentang sifat Orang Minang yang sering disebut “Padang Bengkok”. Positifnya adalah adanya tingkat kepercayaan karena berasal dari kampung yang sama yang bisa menjadi poin plus untuk perkembangan karir ke depan. Masih banyak hal positif yang bisa dieksplore seperti kemudahan akses, keterlibatan dan peran yang besar, ataupun jaminan keamanan jika seorang yang berkarir di rantau memiliki bos Orang Minang. Berikut akan dibahas perusahaan di perantauan yang dimiliki atau dipimpin oleh Orang Minang yang bisa menjadi pilihan karir bagi Orang Minang.

1. Wardah Cosmetics
Wardah cosmetics merupakan perusahaan yang didirikan oleh Nurhayati Subakat yang merupakan seorang saudagar Minang. Beliau menggeluti bisnis kosmetik sejak tahun 1985 dengan usaha yang penuh lika-liku. Saat ini Wardah memiliki karyawan sebanyak 4500 orang dan memiliki manufaktur (usaha pembuatan) produk yang dimilikinya. Berkarir di Wardah bisa menjadi pilihanmu jika tertarik mengembangan karir di dunia kecantikan dan kesehatan. Untuk Anda yang ingin bergabung bersama Wardah bisa melihat informasi dari bursa karir dari PT. Paragon Technology and Innovation (PT.PTI). Pada dasarnya PT.PTI mencari karyawan yang kompeten, jujur dan mau belajar untuk bergabung bersama PT.PTI. Untuk informasi lebih lanjut bisa dibuka di www.wardahbeauty.com.

2. Traveloka
Tak banyak yang menyangka salah satu start up yang sangat besar dan disebut unicorn ini didirikan oleh Orang Minang. Traveloka dipimpin oleh Fery Unardi seorang anak muda minang yang sangat cemerlang dan memiliki kejelian membangun bisnis yang patut diacungi jempol. Saat ini Traveloka sudah mengembangkan bisnisnya tidak hanya di Indonesia, akan tetapi merambah pasar Asia Tenggara. Aplikasi untuk pemesanan tiket ini digunakan oleh mayoritas masyarakat Indonesia dalam kehidupannya. Untuk yang ingin berkarir di Traveloka bisa langsung menuju website nya www.traveloka.com/careers. Di sana bisa dilihat lowongan yang tersedia dan menjadi kebutuhan Traveloka.

3. RM. Sederhana
Restoran Sederhana berawal pada tahun 1972 dari sebuah rumah Makan Padang kecil-kecilan milik Busataman di Pasar Bendungan Hilir, Jakarta. Dalam mengelola restorannya, Bustaman yang berasal dari Lintau, Sumatera Barat yang selalu menyesuaikannya dengan lidah orang kebanyakan, sehingga ia mengurangi rasa pedas dalam masakan Padang buatannya. Ia juga memiliki hidangan khusus, yakni Ayam Pop yang telah dikenal luas. Untuk bergabung di RM Sederhana bisa membuka www.restoransederhana.id.

4. RSIA Bunda
RSIA Bunda adalah salah satu Rumah Sakit Ibu dan Anak terbesar di Jakarta. Berlokasi di Jl. Teuku Cik Ditiro No.28 Menteng Jakarta Pusat 10350 RSIA menjadi pilihan banyak orang di Ibukota untuk memilihnya sebagai tempat untuk menjaga kesehatan, khususnya kehamilan dan melahirkan. RSIA Bunda mengawali bisnisnya sebagai Rumah Sakit Umum sejak tahun 1973. Layanan unggulan lain yang dimiliki adalah Bunda Heart center, Brain & spine, Neuro Centre, radiodiagnostic center. RSIA Bunda memiliki visi Menjadi Rumah sakit terdepan dalam pelayanan kesehatan swasta dalam bidang ibu dan anak Indonesia khususnya di Jakarta dengan pelayanan berkualitas tinggi. Jaringan Rumah Sakit yang dimiliki RSIA Bunda dipimpin oleh seorang Minang bernama Prof Dr Rizal R Sini. SpOG. Untuk bergabung di RSIA Bunda bisa dilihat melalui websitenya www.bunda.co.id.

5. TIP TOP
Tip Top adalah jaringan took swalayan Islami yang menerapkan cara-cara yang sesuai ajaran Islam dalam kegiatan perdagangannya. Toko swalayan ini memiliki beberapa cabang di Indonesia, terutama di Jakarta dan menjual lebih dari 200 produk makanan, minuman dan barang kebutuhan hidup lainnya. Tip Top didirikan pada tahun 1979 oleh Rusman Maamoer. Saat ini Tip Top sudah memiliki lebih dari 6 gerai Indonesia. Pada saat ini Tip-Top Supermarket ada di beberapa lokasi, di antaranya: TIP TOP Rawamangun, TIP TOP Cimone, TIP TOP Pondok Bambu, TIP TOP Depok, TIP TOP Ciputat, TIP TOP Pondok Gede, TIP TOP Tambun. Untuk informasi lebih lanjut berkarir di TIP TOP bisa disimak di www.tiptop.co.id.

6. Pasaraya Blok M
Hadir pertama kali dengan nama Sarinah Jaya pada 27 Maret 1974 yang bertujuan untuk menjadi department store terkemuka di Indonesia dengan fokus menyediakan produk seni tradisional dan kerajinan. Lokasi awalnya berada di lantai tiga gedung Sarinah, Jl. MH Thamrin, Jakarta. Selanjutnya untuk memperluas bisnis, pada 1980 toko dipindahkan ke Blok M. Pasaraya Blok M saat ini dipimpin Medina Latief Harjani dengan ALatief Coorporation sebagai induk. Saat ini, Pasaraya bukanlah toko yang hanya menyediakan batik dan kerajinan tradisional, melainkan pusat perbelanjaan dan hiburan yang lengkap untuk seluruh anggota keluarga. Sebagai salah satu perusahaan retail terbesar di Indonesia, kami menawarkan kesempatan berkarya kepada para profesional yang memiliki dedikasi tinggi, bertanggungjawab, bekerja keras, dinamis dan kreatif. Silahkan kirim surat lamaran dan CV Anda ke email: recruitment@pasaraya.co.id.

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave Comment


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.