sasak 3
Crowdfunding,

Masjid Impian Perumahan Nelayan, Sasak Ranah Pasisie

Perumahan Nelayan terletak sekitar 20 km dari Simpang Empat. Pasaman Barat. Ketika ditanya tidak banyak masyarakat Pasaman yang tau posisi daerah perumahan nelayan ini. Perumahan nelayan merupakan perumahan bantuan dari Dinas Kelautan pada tahun 2009. Rumah yang diberikan kepada masyarakat pesisir Pantai Sasak (Pondok dan Pasa Lamo). Masyarakat yang berhak menerima perumahan ini adalah mereka yang rumahnya habis karena gempa pada tahun 2009. Semua rumah terbuat dari kayu.

Perumahan nelayan sendiri terletak tidak jauh dari Pantai Sasak/Muaro Sasak. Perumahan ini dihubungkan oleh sebuah jembatan (rajang). Terdapat 220 KK yang tinggal di perumahan ini. Mayoritas masyarakat bekerja sebagai nelayan. Dengan kata lain, kehidupan masyarakat sangat bergantung kepada kebaikan faktor alam.

Di perumahan nelayan, semua kebutuhan hidup bergantung kepada suami. Para ibu-ibu hanya bekerja sebagai ibu rumah tangga yang tidak memiliki penghasilan. Disini, tidak terlihat adanya kemewahan di perumahan  yang ada hanyalah kesederhanaan, kedamaian dan keasrian.

Daerah yang dihuni oleh 220 KK ini sayangnya memiliki sebuah kendala yakni tidak adanya tempat ibadah (masjid/mushala) yang memadai. Apakah masyarakat tidak shalat? Masyarakat tetap melaksanakan shalat 5 waktu dan shalat jumat. Untuk shalat 5 waktu, masyarakat hanya bisa melakukannya dirumah. Sedangkan, shalat jumat, masyarakat harus pergi ke kampung sebelah (Pondok). Untuk Shalat Subuh bisa dikatakan masyarakat tidak pernah melakukannya di mushala/masjid kampung sebelah. Bukannya masyarakat malas, melainkan medan yang harus mereka lewati berbahaya jika dilewati seorang diri. Masyarakat harus melewati rajang yang mana sering melintas ular besar. Perjuangan tidak hanya sampai disana, sudah ada kera-kera yang menanti di sepanjang rajang. Kera-kera ini sering “mangkal” dipagi hari hingga menjelang siang.

Ketika berintegrasi dengan Kepala Jorong dan masyarakat sekitar. Mereka sangat berharap sekali bisa memiliki mushala mereka sendiri. Mereka ingin bisa mendengarkan adanya gema suara adzan setiap kali waktu shalat tiba.

sasak 1

KONDISI MUSHALA SEBELUM KUNJUNGAN TIM PULANGKAMPUANG.COM DAN INDOJALITO PEDULI

 

Keprihatian akan kondisi di perumahan nelayan menimbulkan inisiatif dari Ghea Mirrela selaku member aktif PulangKampuang.com area Jabodetabek untuk mengangkat proyek pembangunan tempat ibadah di perumahan Nelayan. Insiatif ini disambut baik oleh para anggota PulangKampuang.com area Jabodetabek.

Pada tanggal 28 Februari 2016, tim PulangKampuang.com area Jabodetabek mengadakan sebuah acara dengan tema “Sahari Jo Pulangkampuang.com”. Proyek pembangunan Mushala/Masjid Perumahan Nelayan menjadi proyek utama yang diangkat dalam acara ini. Alhamdulilah proyek ini mendapatkan respon positif dari berbagai pihak salah satunya dari Indojalito Peduli yang didirikan oleh Ibu Astri Asgani. PulangKampuang.com dan Indojalito bersinergi untuk mewujudkan Mushala/Masjid Perumahan Nelayan

Pada acara “Sahari jo Pulangkampuang.com”, pihak Indojalito hendak memberikan donasi sebesar 75.000.000 rupiah. Kemudian pada tanggal 17 Maret 2016, perwakilan tim PulangKampuang.com untuk divisi Crowdfunding sudah melakukan survei kelapangan yang diwakili oleh Uda Edo dan Uni Rila.

sasak 2

Survei kedua dilakukan bersama tim Indojalito Peduli dan PulangKampuang.com yang diwakili oleh Uni Rila. Alhamdulilah, setelah ditinjau, tujuan awalnya hanya ingin membangun sebuah Mushala diubah menjadi pembangun Masjid dengan dana yang terkumpul 200.000.000 rupiah.

sasak 3

Tim Indojalito, PulangKampuang.com bersama Para Warga berada didepan Mushala yang sudah mulai dibangun dari dana bantuan masyarakat

sasak 4

Model Rumah Warga Perumahan Nelayan yang semuanya terbuat dari kayu

Pada tanggal 13 Mai 2015, Tim Pulangkampuang.com mendapatkan kabar baik dari Indojalito Peduli bahwa dana untuk pembangunan Masjid sudah terkumpul Rp 400.000.000. Pembangunan pun dimulai dihari yang sama dengan memperkerjakan 12 orang tukang dari luar kota. Dalam hal ini Pulangkampuang.com hanya sebagai insiator dan semua dana ditanggung sepenuhnya oleh Pihak Indojalito Peduli.

sasak 5

Bismillah, in sya Allah Masjid ini akan diresmikan pada tanggal 25 Agustus 2016. Kelak, diharapkan akan lahir para hafidz dan hafidzah dari masyarakat Perumahan Nelayan. Semoga donasi yang diberikan sepenuhnya oleh Indojalito Peduli mendapatkan pahala yang berlipat ganda disisi Allah SWT.

Reporter: Ghea Mirrela

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave Comment


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.