solok1
Kabar dari Rantau,

Halal bi Halal Sarantau Sasurambi Solok Selatan “Bersatu Membangun Kampung Halaman”

PulangKampuang.com – Pada hari Minggu, 7 Agustus 2016, bertempat di Aula Gedung F Direktorat Jenderal Bina Pemerintahan Desa / Direktorat Jenderal Kependudukan & Catatan Sipil – Kemendagri, para perantau asal Solok Selatan mengadakan Halal Bi Halal dan Silaturrahim. Perantau asal Solok Selatan ini tergabung dalam organisasi – organisasi kemasyarakatan Bakor IKAMASS (Badan Koordinasi Ikatan Keluarga Masyarakat Solok Selatan), IKASUPA (Ikatan Keluarga Sungai Pagu) dan IKAR XII Koto (Ikatan Keluarga Rantau XII Koto).

Ketua Panitia Acara Tony Marta Johan, S.Pi,.MM., saat ditemui menyatakan bahwa, acara Silaturrahim ini merupakan acara tahunan yang selalu di lakukan oleh para perantau asal Solok Selatan, turun temurun sejak dahulu, tetapi kali ini agak berbeda dikarenakan 3 Organisasi bersatu menjadi satu kompak dalam acara ini. Tema yang diangkat tahun ini adalah Sarantau Sasurambi.

solok2

Ketua Panitia Halal bi Halal

Disamping untuk mempererat silaturrahim dan tali persaudaraan di antara perantau, acara ini juga bertujuan untuk memperkenalkan produk produk asli Solok Selatan sehingga diharapkan adanya pertumbuhan ekonomi bagi masyarakat di ranah maupun di rantau, sekaligus juga membangun jiwa entrepreneur dalam menuju ekonomi kreatif dari anggota organisasi dan masyarakat Solok Selatan pada umumnya. Salah satu caranya adalah dengan membantu mempromosikan produk-produk asli solok selatan seperti Karupuak Jangek, Pangek Pisang, dan lain sebagainya.

Saat ini IKAMASS dibawah kepemimpinan DR. Rildo Ananda Anwar berusaha memasarkan produk Karupuak Jangek, yaitu kerupuk yang diproduksi dari Solok Selatan ini di kemas dan di pasarkan ke Jakarta. Kerupuk jangek dari Solok Selatan jauh lebih gurih dan enak dari produk sejenis lainnya yang beredar di pasaran. Sejak di kemas oleh Ikamass, permintaan akan kerupuk jangek semakin tinggi, hingga masuk ke kalangan birokrat di kantor Kementerian di Jakarta. Tony Marta Johan menambahkan, bahwa cita-cita Organisasi, kelak pembinaan ini bukan hanya untuk Kerupuk Jangek saja, tetapi produk produk Solok Selatan lainnya haruslah mempunyai nilai tambah, baik dari kemasan maupun cita rasa, sehingga harga jual pun meningkat, masyarakat terbantu.

solok 3

Sambutan dari Bupati Solok Selatan

Acara tahun ini lebih meriah di karenakan dihadiri oleh Bupati Solok Selatan – Bapak H. Muzni Zakaria, Ketua Umum Bakor Ikamass – DR. Rildo Ananda Anwar, SH, MH yang juga Irjen Kementerian PUPR, Ketua Umum Ikasupa – DR. Zulfahmi Burhan, SE, MM, Dt. Rajo Bagagar, Ketua Umum IKAR XII Koto – DR. Rachmat Ali, MBA ,Acara juga dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat asal Solok Selatan, seperti Sabri Zakaria (mantan Kakanwil PU Sumatera Barat), Nofrins Napilus (penggiat pariwisata), Moehsis Moeloek, Ketua Solok Saiyo Sakato, Marsekal Madya Hemansyah serta perwakilan dari IKAMASS Medan yang datang pada kesempatan tersebut dan tokoh tokoh dari Nagari Sangir. Mereka semua adalah tokoh tokoh sangat peduli kampung halaman. Selain itu, berbagai acara dan hadiah quiz dengan di iringi oleh penampilan artis Minang telah disiapkan oleh Panitia. Beragam hidangan kuliner khas Solok Selatan turut memeriahkan acara tersebut.

Melalui acara ini, Tony Marta Johan selaku Ketua Panitia berharap agar kedepannya terus terbangun kebersamaan antar perantau maupun antar organisasi serta terjalin kerjasama dan koordinasi yang harmonis antara perantau dengan Pemerintah Daerah dan masyarakat Solok Selatan untuk membangun dan memajukan daerah kampung halaman.

Reporter: Yosi Ohira

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave Comment


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.