photocredit : Andri Haris
Kabar Kampuang,

Bangunan Berdesain Unik yang Siap Menjadi Ikon Baru Ranah Minang

Meskipun masih dalam tahap penyelesaian dan pengerjaan landscape, kehadiran Mesjid Raya Sumatera Barat sukses menjadi Landmark baru bagi Sumatera Barat. Dengan desain arsitektur yang menggunakan Bagonjong, sebuah ciri khas arsitektur budaya Minang, Mesjid Raya ini tidak hanya berfungsi sebagai tempat beribadah, melainkan juga berperan sebagai shelter atau tempat evakuasi tsunami sementara. Mengikuti geliat industri pariwisata di Sumatera Barat, mesjid ini berkembang menjadi spot yang wajib dikunjungi oleh wisatawan yang berkunjung ke Sumatera Barat. Sudahkah sanak menyempatkan diri untuk singgah sebentar?

photocredit : Andri Haris

photo credit : Andri Haris

Tahukah sanak bahwa selain Mesjid Raya, terdapat beberapa bangunan dengan desain ciamik lainnya yang siap menjadi icon baru bagi Sumatera Barat. Yuk, intip beberapa desain bangunan strategis yang sedang dalam proses pembangunan ini.

1. Gedung Kebudayaan Sumatera Barat

Jika sanak melewati Jalan Samudera atau jalan sepanjang Taplau, Kota Padang, sanak akan menemukan sebuah bangunan yang sedang dalam tahap konstruksi dan mengakibatkan ruas tersebut terpaksa dialihkan. Konstruksi tersebut merupakan bagian dari proses pembangunan Gedung Kebudayaan Sumatera Barat yang telah dimulai pengerjaannya sejak Tahun 2015 dan dibagi dalam 3 (tiga) tahap pengerjaan.

2

3a

2.  Stadium Utama Sumatera Barat

Sejalan dengan pengajuan Sumatera Barat sebagai tuan rumah penyelenggara PON 2024, Pemprov Sumbar menyikapi serius dengan pembangunan Stadium Utama berkapasitas 45.000 orang yang dibangun di Jalan Lingkar Duku Sicincin, Lubuk Alung, Padang Pariaman. Menggunakan desain yang juga mengusung budaya Minang dengan tema Tangkuluk Tanduk, Stadium Utama ini telah melaksanakan Ground Breaking pada 2015 lalu dan direncanakan akan selesai sebelum 2024.

4

http://bolakombecks.blogspot.co.id

3. Convention Center Sumatera Barat

Satu lagi bangunan strategis yang sedang digarap Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, berlokasi di Bukit Lampu, dekat Teluk Bayur, Kota Padang. Berlatar belakang pemandangan pegunungan dengan laut yang membentang dihadapannya. Sama seperti dua bangunan strategis diatas, pembangunan Convention Center ini telah dilaksakanan sejak tahun lalu.

5

6

Nah sanak, itu tadi beberapa konstruksi bangunan publik dengan desain unik yang sedang berlangsung di Nagari Awak. Semoga cepat selesai dan bermanfaat ya!

Facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Leave Comment


Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.